Wednesday, August 15, 2007

PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)

Duh.... makin  ngeri aja neh mikirin bumi dimana kita di besarkan dan hidup ini. Banyak banget kejadian2 yang aneh2 terjadi sebagai dampak dari pola hidup manusia yang kian hari makin acuh pada masa depan bumi ini, sekarang ini bukan hanya indonesia bahkan seluruh dunia sedang was2 akan dampak dari pemanasan global atau global warming. Iklim makin kacau aja. bencana alam dimana mana. bumi makin panas temperatur makin meningkat, bahkan bisa2 saja ga bakal lagi   ada oksigen di Bumi ini. Di bali diramalkan tahun 2030 daerah pesisir KUTA dan SANUR akan hilang dari peta, karena gelombang laut semakin hari makin meningkat. dan beberapa daerah pinggir pulau bali akan diramalkan tenggelan alias  Bali akan menciut mengecil. dan juga banyak lagi ramalan tentang masa depan dari bumi tercinta kita ini yang kalo disebutin wahhhhh ngeriiiii buangetttttt.......... Ampunnn deh...... munkin aja ga bakal lagi ada pulau dibumi ini alias dunia KIAMAT.... Tidakkkkkkkkk........ Yah semua itu dari dampak pemanasan global, semuanya juga dari manusia nya yang kurang sadar akan lingkungan tempat mereka hidup mencari makan berkembang dan tempat dimana dia kan berakhir kehidupannya... Semua dari pola hidup manusia sekarang ini. pemerintah yang kurang tegas dalam peraturan2 nya akan lingkungan hidup.  sekarang saatnya semua sadar akan lingkungan... lalukan perubahan sekarang detik ini bukan berpangku tangan menunggu BUMI ini rapuh dan makin rapuh lagi. Jagalah lingkungan seperti menjaga diri sendiri. Jangan sampai anak dan cucu kita hanya menikmati sisa2 keangkuhan kemarukan ke egoisan kita ... mulai lah menyadari pentingnya menjaga lingkungan ini.
        Ini tips2 mencegah 
  1. Matikan listrik. (jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak.Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker fosil penyumbang besar emisi).
  2. Ganti bohlam lampu (ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet).
  3. Bersihkan lampu (debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%).
  4. Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C).
  5. Gunakan timer (untuk AC, microwave, oven, magic jar, dll).
  6. Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.
  7. Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda.
  8. Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.
  9. Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi polusi udara).
  10. Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).
  11. Say no to plastic. Hampir semua sampah plastic menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.
  12. Jangan membakar sampah, terutama sampah plastik

No comments: